5 Alasan Mengapa Memilih MikroTik hAP Lite

5 Alasan Mengapa Memilih MikroTik hAP Lite

hAP Lite merupakan produk MikroTik RouterBOARD dengan seri ID 941-2nD (Seri selanjutnya adalah hAP Lite2 dengan ID 941-2nD-TC). Spesifikasi dari router ini menggunakan CPU 650 MHz, storage NAND 16 MB, memori 32 MB, memiliki 4 port ethernet, 1 access point embedded 2,4 GHz + antenna embedded 2×1,5 dbi, berlisensi RouterOS level 4 dan dilengkapi dengan power adapter MicroUSB 5v.

Untuk teman-teman yang berencana membeli MikroTik RouterBoard, review 5 alasan mengapa memilih MikroTik hAP Lite dapat dijadikan sebagai referensi awal.

1. Ekonomis

Harga paling ekomonis dari MikroTik RouterBOARD kurang lebih 600 ribu harga itu memang sudah dalam kategori ekonomis, tapi untuk kalangan pelajar atau mahasiswa, harga tersebut masih harus dipertimbangkan karena masih ada cara belajar MikroTik yang tidak mengeluarkan biaya.

Setelah MikroTik hAP Lite mulai beredar di Indonesia, pertimbangan untuk mempunyai MikroTik RouterBOARD menjadi cukup penting. Harga MikroTik hAP Lite 300 ribu, harga ini bisa saja berubah-ubah tergantung dari nilai dari tukar Rupiah ke Dollar, untuk lebih jelasnya cek link ini Mikrotik Indonesia.

2. Fitur Lengkap

Mungkin teman-teman berpikir kembali, dengan harga 300 ribu sudah mendapatkan MikroTik hAP Lite. Analoginya seperti ini, jika ada produk router dengan harga sebut saja murah, apakah ada fitur-fitur pada MikroTik hAP Lite yang ditiadakan? Jawabannya adalah Tidak, semua fitur pada MikroTik hAP Lite hampir sama dengan seri MikroTik RouterBOARD 900 lainnya, tapi fitur User Manager memang tidak di dukung.

3. Standard Power Terbaru

Tidak hanya menggunakan arsitektur baru, MikroTik hAP Lite juga menggunakan standard power yang baru, yaitu MicroUSB 5v. Jadi saat menggunakan atau bereksperimen dengan MikroTik hAP Lite, teman-teman tinggal plugin power menggunakan kabel MicroUSB ke PC/Laptop atau PowerBank.

4. SOHO

MikroTik hAP Lite memang di desain untuk penggunaan jaringan small office home office (SOHO) dengan jumlah pengguna terbatas. Silahkan membaca artikel berikut ini MikroTik Indonesia tentang review produk MikroTik hAP Lite. Informasi tersebut sangat membantu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari MikroTik hAP Lite.

5. Cocok Untuk Pemula

Khususnya pemula, mungkin mulai sedikit mengalami kejenuhan dengan keterbatasan penggunaan MikroTik RouterOS di VirtualBox. MikroTik hAP Lite bisa jadi alternatif untuk mengembalikan semangat belajar MikroTik. Teman-teman juga dapat mengkoneksikan MikroTik hAP Lite ke MikroTik RouterOS di VirtualBox untuk proses simulasi atau hal lainnya.

Penutup

Disarankan untuk memiliki MikroTik hAP Lite lebih dari satu, tujuannya untuk mencoba teknik Routing, Point to Point, DLL.

MAU bertanya dan berbagi pengalaman tentang artikel ini, AYO berikan komentarnya, tapi, baca dulu Term Of Service pada poin 3 dan 4 sebelum menuliskan komentar.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz
Close
error: