6 Alasan Mengapa Menggunakan CloudFlare Network

6 Alasan Mengapa Menggunakan CloudFlare Network

CloudFlare merupakan penyedia layanan Content Delivery Network (CDN) dan mendistribusikan Domain Name Server (DNS). CloudFlare network tersebar di 115 data center seluruh dunia. CloudFlare bertindak sebagai reverse proxy, jadi para pengunjung website/blog tidak langsung mengakses ke server hosting, tetapi mereka diarahkan ke CloudFlare network.

Review 6 alasan mengapa menggunakan CloudFlare network akan memberikan gambaran umum tentang CloudFlare sehingga menjadi alternatif Content Delivery Network (CDN).

1. Free Plan

Siapa yang suka layanan gratis? Benar, CloudFlare memberikan free plan untuk dapat mengunakan fasilitas layanannya. Layanan free plan yang diberikan CloudFlare, yaitu; performances, security, universal SSL, analytics APPs DLL. Info lengkapnya klik link cloudflare.com/plans. Walaupun layanan free plan ini bersifat terbatas (maksudnya berbeda dengan plan yang berbayar), tapi sangat pas untuk kalangan personal yang menginginkan website/blognya menjadi lebih cepat.

Silahkan cek kecepatan website/blog teman-teman sebelum menggunakan dan sesudah menggunakan CloudFlare dengan menggunakan tools seperti; tools.pingdom.com/fpt, gtmetrix.com dan webpagetest.org.

2. Content Delivery Network (CDN)

CloudFlare menyediakan fitur CDN seperti; works with static and dynamic content, page rules, always online, protect against traffic surges dan automatic IPv6. Info lengkapnya klik link cloudflare.com/cdn. Jika website/blog hosting di luar negeri, tapi para pengunjung kebanyakan dari Indonesia atau jika website/blog hosting di Indonesia, tapi para pengunjung kebanyakan dari luar negeri, maka fitur CDN ini akan sangat membantu mempercepat proses loading website/blog teman-teman.

CloudFlare network tersebar di 115 data centers seluruh dunia, silahkan melihat status CloudFlare network di cloudflarestatus.com.

3. Optimasi

Selain fitur CDN, CloudFlare juga menyediakan fitur optimasi seperti; rocket loader, reduced connections, easy on and off, auto minify, local storage caching, cache header optimization DLL. Info lengkapnya klik link cloudflare.com/website-optimization. Pada saat mendaftarkan website/blog ke CloudFlare, teman-teman diharuskan untuk mengganti DNS pada web hosting ke DNS CloudFlare, hal ini bertujuan untuk dapat menggunakan fitur-fitur tersebut.

Proses pergantian DNS tidak akan membuat website/blog down karena proses ini mengalami propagate selama 24 jam.

4. Keamanan

Keamanan di Internet akan selalu menjadi isu. Teman-teman dapat menerapkan fitur keamaan dari CloudFlare untuk memproteksi. Fitur-fitur keamanan di CloudFlare yaitu; automatic learning of new attacks, ridiculously easy security, threat reports and details DLL. Info lengkapnya klik link cloudflare.com/security.

Jadi analoginya kurang lebih seperti ini, jika ada beberapa penyerangan ke website/blog teman-teman, maka fitur keamaanan yang sudah aktifkan di CloudFlare akan memberikan perlindungan khusus, website/blog aman karena berada di belakang sistem CloudFlare.

5. SSL Certificate

Setelah website/blog aktif terdaftar di CloudFlare, teman-teman dapat mengaktifkan fitur SSL walaupun website/blog tidak didaftarkan pada penyedia layanan SSL certificate authority atau teman-teman menggunakan SSL self certificate authority karena CloudFlare memberikan fitur SSL yang disebut universal SSL. Fitur universal SSL pada CloudFlare yaitu; flexible SSL, full SSL dan full SSL (strict). Info lengkapnya klik link cloudflare.com/ssl.

6. Analisis

CloudFlare juga menyediakan website trafik analisis, fitur-fitur analisis yaitu; monitor threats, powerful threat control, traffic control, search engine crawlers, real time traffic, augment with third party analytics, GeoIP DLL. Info lengkapnya klik link cloudflare.com/analytics. Untuk akun free, website trafik analisis akan aktif setelah 24 jam saat dinyatakan terdaftar.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang bisa teman-teman aktifkan di CloudFlare, penjelasan fitur-fitur di atas merupakan fitur penting yang wajib dipertimbangkan saat melakukan konfigurasi di CloudFlare. Yang perlu di perhatikan sebelum mendaftarkan website/blog ke CloudFlare adalah melakukan riset lebih banyak tentang CloudFlare. Silahkan baca halaman help support.cloudflare.com/hc/en-us dan video cloudflare.com/videos untuk mengetahui lebih tentang CloudFlare.

Penutup

Demikian 6 alasan mengapa menggunakan CloudFlare network, posting ini hanyalah sebuah review yang bisa dijadikan sebagai referensi tambahan. Ada sebuah pertanyaan yang harus teman-teman jawab sebelum menggunakan layanan CloudFlare yaitu “Seberapa pentingkah menggunakan CloudFlare network?”.

MAU bertanya dan berbagi pengalaman tentang artikel ini, AYO berikan komentarnya, tapi, baca dulu Term Of Service pada poin 3 dan 4 sebelum menuliskan komentar.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz
Close
error: