Disqus Alternatif WordPress Komentar Sistem

Disqus Alternatif WordPress Komentar Sistem

Disqus merupakan portal penyedia layanan komentar sistem. Disqus sudah dipergunakan oleh jutaan website dengan berbagai macam topik diskusi. Untuk dapat menggunakan Disqus, teman-teman harus mendaftar terlebih dahulu. Proses pendaftarannya sangat sederhana, menggunakan akun SosMed seperti; Facebook, Twitter dan Google+ atau menggunakan fasilitas Email. 

Tutorial Disqus alternatif WordPress komentar sistem akan memberikan penjelasan tentang site profile, install dan setup plugin Disqus Conditional Load.

Mengisi Site Profile

Setelah mendaftar dan memverifikasi email dari sistem Disqus, lanjutkan dengan melengkapi beberapa profile penting saja. Klik menu setting pada pojok kanan atas, pilih add Disqus to site dan klik start using engage. Lengkapilah form site profile dengan mengisi site name dan category, sedangkan untuk choose your unique Disqus URL, otomatis terisi sesuai dengan site name, lalu klik finish registration.

Site ProfileGambar 1

Pilihan Platform

Pada halaman ini, teman-teman akan melihat bahwa Disqus mendukung banyak platform, seperti Universal Code, WordPress, Blogger, Tumblr, Squarespace, TypePad, MovableType, Drupal dan Joomla.

Pilih PlatformGambar 2

Konfigurasi Site Profile

Untuk proses konfigurasi Site Profile – Setting, klik menu general. Pada configure Disqus for your community tidak ada yang perlu diubah. Sedangkan untuk site Identity, ketikkan alamat website pada website URL, berikan penjelasan website pada description, untuk language, bebas mengunakan Bahasa Indonesia atau English .

Site IdentityGambar 3

Pada community rules, untuk pre-moderation, silahkan centang all (gunakan konfigurasi ini untuk memoderator setiap komentar), untuk links in comments, silahkan centang (memoderator komentar yang berisikan link), untuk media attachments, silahkan dihilangkan centangnya, untuk flagged comments, silahkan centang email moderators when a post is flagged dan untuk automatic closing, biarkan angka 0 (angka 0 berarti tetap mengaktifkan fasilitas komentar, tidak ada batasan waktu). Klik save changes untuk menyimpan semua konfigurasi. Sedangkan untuk menu moderator, filter dan advanced tidak ada yang perlu ditambah ataupun diubah.

Community RulesGambar 4

Install Plugin Disqus

Untuk proses install plugin Disqus, klik menu plugins, add new, kemudian gunakan fasilitas search plugin, ketikkan kata Disqus lalu enter. Install plugin Disqus Conditional Load (DCL).

Disqus Conditional LoadGambar 5

Konfigurasi Plugin

Cari dan klik menu DCL Settings, klik Disqus setting untuk proses melakukan upgrade database, klik upgrade.

Konfigurasi Disqus 1Gambar 6

Kemudian, isi username dan password Disqus dan klik next.

Konfigurasi Disqus 2Gambar 7

Pada proses ini, pilihlah website Disqus yang sudah dibuat, klik next. Teman-teman akan melihat informasi yang menjelaskan bahwa plugin DCL sudah terinstall, klik continue to the moderation dashboard.

Konfigurasi Disqus 3

Konfigurasi Disqus 4Gambar 8

Pada Moderation Dashboard – General menjelaskan bahwa Disqus comments are currently enabled dan untuk forum shortname teman-teman akan menemukan informasi forum komentar sesuai dengan yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk appearance, silahkan pilih all blog posts untuk mengaktifkan komentar Disqus pada semua single post, sedangkan untuk sync, teman-teman bisa mengaktifkan atau non aktifkan comment importing. AYO Baca Juga “5 Plugin Utama Untuk WordPress Anda”

Konfigurasi Disqus 5Gambar 9

Pada server-side rendering silahkan centang, fitur ini akan menyembunyikan semua komentar dari search engines. Sedangkan untuk patches, silahkan centang output javascript in footer, fitur ini akan mengecek jika ada permasalahan dalam proses penjumlahan dari total komentar.

Konfigurasi Disqus 6Gambar 10

Pada advanced, silahkan klik link Disqus API applications untuk mendapatkan public key dan secret key, setelah itu salinlah public dan secret API key ke form single sign-on. Pastikan penempatan public key dan secret key benar. Klik save untuk menyimpan semua konfigurasi.

Konfigurasi Disqus 8

Konfigurasi Disqus 7Gambar 11

Jika website/blog teman-teman sudah memiliki banyak komentar dari para pengunjung, silahkan gunakan fitur import dan export. Klik export comments untuk mengekspor semua komentar WordPress ke Disqus. Bisa juga menggunakan sync comments untuk mengunduh semua komentar Disqus ke WordPress (fitur ini tidak harus diaktifkan kecuali teman-teman menginginkan semua komentar dari Disqus di backup ke WordPress).

Konfigurasi Disqus 9Gambar 12

Pada menu DLC settings, pada how to load, silahkan pilih normal (disable lazy load) untuk mengaktifkan form komentar Disqus otomatis tanpa harus mengklik load comments.

Konfigurasi Disqus 10Gambar 13

Disqus komentar form sudah aktif pada single post.

Konfigurasi Disqus 11Gambar 14

Untuk memastikan bahwa Disqus komentar form sudah aktif pada single post, silahkan teman-teman ke admin Disqus kemudian klik menu discussions. Teman-teman akan melihat judul dari single post sudah terdaftar. Untuk menu lainnya pada admin Disqus seperti moderator, filter dan advanced bisa dikonfigurasi sesuai dengan kebutuhan.

Konfigurasi Disqus 12Gambar 15

Demikian tutorial Disqus alternatif WordPress komentar sistem, untuk mendapatkan informasi lebih tentang Disqus, silahkan cek link disqus.com/community/.

MAU bertanya dan berbagi pengalaman tentang artikel ini, AYO berikan komentarnya, tapi, baca dulu Term Of Service pada poin 3 dan 4 sebelum menuliskan komentar.

Leave a Reply

5 Comments On "Disqus Alternatif WordPress Komentar Sistem"

avatar
Risma
Guest
Risma

Tampilan komentar dari Disqus memang keren dan lembut
sangat recomended deh buat di pasang di website.

Acip
Guest
Acip

Maaf mas… kalau boleh tahu, kenapa mas sendiri tidak pakai Disqus?

Ridha
Guest
Ridha

Jujur, saya sudah kapok pakai Disqus. Dari sisi moderasinya memang enak. Cuman jadi ketergantungan dengan Disqus. Sebagus-bagusnya Disqus, masih lebih enak kolom komentar bawaan WordPress. Lebih cepat.

wpDiscuz
Close
error: