Mencoba Free Trial 60 Hari SSD Cloud Server Dari Dewaweb

Mencoba Free Trial 60 Hari SSD Cloud Server Dari Dewaweb

Mau belajar VPS? Mau yang free trial? Sudah tahu Dewaweb? Hosting ini sedang promosi dengan memberikan free trial berspesifikasi 1 CPU, 1 GB RAM dan 20 GB SSD, lumayanlah, pas banget untuk teman-teman yang dari dulu kepingin belajar konfigurasi VPS. Mau, AYO baca dulu mencoba free trial 60 hari SSD Cloud Server dari Dewaweb. Promo free trial 60 hari sudah diganti manjadi free trial 30 hari.

Syarat dan Ketentuan

  1. Promosi free trial hanya berlaku untuk warga negara Indonesia
  2. Order dengan alamat email kantor atau nama domain sendiri
  3. Masukkan data pribadi, nomor telpon rumah/kantor dan handphone yang valid
  4. Promosi free trial berlaku untuk 1 server Linux/Windows dengan spesifikasi maksimal 1 CPU Core dan 1 GB RAM (per-server) untuk setiap pelanggan
  5. Promosi free trial berlaku untuk server di lokasi data center Jakarta dan Singapore
  6. Semua penggunaan server harus mengikuti Terms of Service
  7. Semua server yang dipesan untuk free trial harus dikonfigurasi sendiri alias self managed
  8. Setelah masa free trial berakhir, jika server tidak mau diperpanjang, mohon hubungi Ninja Support Dewaweb melalui ticket/telpon/livechat untuk request penutupan server.

Mengisi Formulir

Formulir pendaftaran ada di menu SSD Cloud Server VPS, cek paling bawah, terus isilah dengan data diri sesungguhnya, upload KTP dan untuk konfigurasi VPS, pilihlah Linux OS Ubuntu. Centang “Saya telah mengisi semua data di atas dengan benar dan bersedia mematuhi semua syarat dan ketentuan Dewaweb dalam penggunaan server free trial ini.” dan klik submit.

Pemberitahuan Email

Email 1: “Terima kasih telah mengisi aplikasi Free Trial Cloud Server Dewaweb! Saat ini ada banyak sekali aplikasi Free Trial yang masuk, mohon untuk bersabar. Sambil menunggu proses verifikasi data, silahkan membuat account Dewaweb. Kalau permintaan Free Trial disetujui, Dewaweb akan mengirimkan informasi cloud server ke account yang dibuat di atas.”

Email 2: “Terima kasih sudah menghubungi tim support kami. Sebuah tiket support sudah dibuka (open) atas permintaan Anda. Anda akan diberitahu via email jika ada respons terhadap tiket tersebut.”

Email 3: “Aplikasi Free Trial Cloud Server ini perlu di review terlebih dahulu. Mohon menunggu info selanjutnya.”

Email 4: “Terima kasih telah menunggu. Aplikasi Free Trial Cloud Server sudah disetujui. Silahkan register account Dewaweb dan info kembali ke kami untuk dikirimkan informasi login ke server.”

Bagi teman-teman yang sudah mempunyai akun di Dewaweb, informasikan hal ini dengan mengklik ticket URL pada bagian paling bawah email pemberitahuan, klik balasan dan jelaskan info akun. Sedangkan yang belum mempunyai akun, silahkan daftar sekarang di Dewaweb, setelah itu, informasikan dengan mengklik ticket URL pada bagian paling bawah email pemberitahuan, klik balasan dan jelaskan info akun.

Login ke Dewaweb

Silahkan login ke Dewaweb untuk mengkonfigurasi SSD Cloud Server, disana ada tombol Start VM yang berfungsi untuk mengaktifkan VPS, tombol Stop VM dan Shutdown VM berfungsi untuk mengnonaktifkan VPS, tombol Reboot berfungsi untuk merestart VPS, tombol Startup On Recovery berfungsi untuk mereset konfigurasi VPS dan tombol Rebuild befungsi untuk setup ulang OS VPS.

Ada juga tombol Firewall Management, IP Management, Network Management, CPU Usage Graphs, Disk Management dan Backup.

Setup Ulang VPS

Walaupun sudah disetup oleh pengelola hosting, tidak ada salahnya untuk setup ulang, tujuannyakan untuk belajar. Yuk kita mulai, klik tombol Shutdown VM, cek activity logs dan pastikan action stop virtual machine statusnya complete. Selanjutnya klik tombol rebuild, pilih Ubuntu 14.04 x64 dan klik rebuild. Tunggulah info activity logs configure operating system statusnya menjadi complete.

Klik tombol start VM, coba di ping dulu, pastikan ada status replay, akses VPS menggunakan puTTY, gunakan user root dan password yang sudah diberikan.

Update Ubuntu

Sangat disarankan untuk melakukan update, gunakan perintah ‘apt-get update’ lalu enter, tunggulah sampai proses reading package list selesai. Lanjutkan dengan perintah ‘apt-get upgrade’ ketik ‘y’ untuk upgrade dan tunggulah proses ini sampai selesai.

Install Webmin

Untuk mempermudah konfigurasi VPS, sangat disarankan untuk menginstall Webmin. Ada beberapa paket dependencies yang harus di install terlebih dahulu seperti; perl, libnet-ssleay-perl, openssl libauthen-pam-perl, libpam-runtime, libio-pty-perl, apt-show-versions dan python. Gunakan perintah ‘apt-get install …’ lalu enter.

Selanjutnya download Webmin, gunakan perintah ‘wget …’ kemudian install Webmin dengan menggunakan perintah ‘dpkg –install …’ tunggulah proses ini sampai selesai, setelah itu akan ada info seperti ini “Webmin install complete. You can now login to https://trial:10000/ as root with your root password, or as any user who can use sudo to run commands as root”.

Login ke Webmin

Silahkan login ke VPS menggunakan https://alamatipaddress:10000. Setelah itu, akan ada info seperti ini “Your connection is not secure” (Firefox) atau (Chrome) seperti ini “Your connection is not private”. Hal itu normal karena SSL certificate menggunakan self-signed, silahkan klik advance, dilanjutkan dengan klik add exception dan klik confirm security exception (Firefox) atau klik advance dilanjutkan dengan kilik proceed to (Chrome). Login menggunakan username dan password root.

Penutup

Belajar konfigurasi VPS menggunakan Webmin pasti lebih asik, manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya. Happy utak-utik VPS.  😀

MAU bertanya dan berbagi pengalaman tentang artikel ini, AYO berikan komentarnya, tapi, baca dulu Term Of Service pada poin 3 dan 4 sebelum menuliskan komentar.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz
Close
error: