Install WordPress Dengan Cara Manual

Install WordPress Dengan Cara Manual

Proses install WordPress dengan cara manual tidaklah sesulit yang dibayangkan. Tidak diperlukan keahlian khusus karena cPanel akan sangat mempermudah proses upload dan ekstrak file serta pembuatan database. Kurang lebih 90% dari proses ini hanya membutuhkan aktifitas klik.

Download dan Simpan File WordPress

Download WordPress dan simpan di hard drive laptop/komputer teman-teman.

Simpan WordPressGambar 1

Upload File WordPress

Login di cPanel dan klik File Manager.

File ManagerGambar 2

Pada File Manager, double klik folder public_html, klik Upload dan klik Browse.

Upload File 1

Upload File 2Gambar 3

Cari file yang sudah teman-teman download dan klik open. Proses upload sedang berlangsung, tunggulah proses ini sampai ada informasi upload selesai, kemudian tutup halaman upload files.

Upload File 3

Upload File 4

Upload File 5Gambar 4

Ekstrak File WordPress

Pada halaman File Manager, klik reload untuk menampilkan file yang sudah di upload. Klik kanan pada file dan pilih Extract.

Ekstrak File 1Gambar 5

Klik tombol Extract File, tunggu sampai proses ekstrak selesai dan klik close.

Ekstrak File 2

Ekstrak File 3Gambar 6

Klik kembali reload untuk melihat hasil dari ektrak, double klik folder WordPress untuk melihat isinya.

WordPress FolderGambar 7

Buat Database

Pada halaman File Manager, klik MySQL Databases.

Membuat Database 1Gambar 8

Pada halaman Create a New Databases, buatlah database baru, misalnya blog, kemudian klik Create Database. Informasi menjelaskan bahwa proses pembuatan database sudah berhasil, klik Go Back untuk kembali ke halaman MySQL Database.

Membuat Database 2Gambar 9

Pada Add a New User, teman-teman bebas memberikan nama Username. Untuk mempermudah pengorganisasian, sebaiknya nama database dan nama user MySQL disamakan saja. Untuk password, ada tombol password generator atau buat password sendiri. Pastikan menyimpan password jika membuatnya menggunakan generator karena akan diperlukan dalam proses install, kemudian klik Create a User.

Informasi menjelaskan bahwa proses pembuatan user MySQL sudah berhasil, klik Go Back untuk kembali ke halaman MySQL Database.

Membuat Database 3Gambar 10

Proses selanjutnya adalah Add a User to a Database, pilih User dan Database yang sudah buat tadi, kemudian klik Add. Proses ini akan dilanjutkan ke halaman pengaturan Manage User Privileges.

Membuat Database 4Gambar 11

Pada halaman Manage User Privileges, centang All Privileges dan klik Make Changes. Akan ada Informasi yang menjelaskan bahwa proses ini sudah berhasil, selanjutnya klik Go Back untuk kembali ke halaman MySQL Database.

Membuat Database 5Gambar 12

Install WordPress Dengan Cara Manual

Browsing ke http://namadomainanda.com/wordpress. Pada halaman ini, pilihlah bahasa yang akan digunakan. Pemilihan bahasa akan berpengaruh juga pada website/blog. Klik Continue.

Install WordPress Manual 1Gambar 13

Pada halaman ini, diinformasikan bahwa teman-teman harus melengkapi item 1 sampai dengan 5. Sistem akan membuatkan file wp-config.php otomatis setelah proses install selesai. Klik Let’s go.

Install WordPress Manual 2Gambar 14

Silahkan isi Database Name, User Name dan Password yang sudah dibuat sebelumnya. Untuk Database Host dan Table Prefix, tidak diubah, biarkan seperti itu. Klik Submit.

Install WordPress Manual 3Gambar 15

Selanjutnya klik Run the Install, jika ada error pada halaman selanjutnya, silahkan kembali ke halaman sebelumnya, mungkin ada kesalahan pengetikan pada Database Name atau User Name ataupun Password.

Install WordPress Manual 4Gambar 16

Pada halaman ini, isilah Site Title, Username, Password dan Your E-mail. Sedangkan untuk Privacy, untuk saat ini jangan di centang dulu, tujuannya untuk mencegah search engine meng-index karena website/blog belum sepenuhnya selesai, istilahnya masih dalam proses pembuatan. Klik Install WordPress.

Install WordPress Manual 5Gambar 17

Proses install WordPress dengan cara manual sudah berhasil, silahkan klik login untuk masuk ke halaman backend.

Install WordPress Manual 6Gambar 18

Bagaimana? Berhasilkan, install WordPress dengan cara manual sangatlah mudah karena di dukungan cPanel.

MAU bertanya dan berbagi pengalaman tentang artikel ini, AYO berikan komentarnya, tapi, baca dulu Term Of Service pada poin 3 dan 4 sebelum menuliskan komentar.

Leave a Reply

2 Comments On "Install WordPress Dengan Cara Manual"

avatar
Bai RUindra
Guest
Bai RUindra

Mantap bro!

wpDiscuz
Close
error: