Cara Mudah Install WordPress Menggunakan Softaculous

Cara Mudah Install WordPress Menggunakan Softaculous

Install WordPress menggunakan Softaculous sangatlah cepat. Web hosting yang menggunakan kontrol panel seperti cPanel, Plesk, DirectAdmin dan InterWorx sudah menyertakan aplikasi tambahan ini. Softaculous merupakan aplikasi auto installer yang mengunakan scripts untuk proses install aplikasi seperti Blog, CMS, Forum, Wiki, Mail, DLL.

Klik Softaculous

Perlu diketahui bahwa cPanel mempunyai dua theme, yaitu X3 dan Paper Lantern. Keduanya menampilkan bentuk ikon Softaculous yang berbeda, tapi, proses install tetap sama. Klik Softaculous.

Klik SoftaculousGambar 1

Halaman depan Softaculous berisi kumpulan dari top scripts, maksudnya APPS yang paling banyak di install. Pilih WordPress dan klik install.

Gambar 2

Mengisi Formulir

Pada software setup kolom choose protocol = pilihlah http://, pada kolom choose domain = pilihlah domain yang sudah teman-teman daftar, pada kolom in directory = bisa dikosong atau buat direktori baru (pastikan huruf kecil semua) dan pada kolom database name = blog atau wpblog (pastikan huruf kecil semua dan tidak lebih dari 7 karakter).

Software SetupGambar 3

Pada database settings kolom table prefix = wp_  (jangan diubah, wp_ merupakan pengaturan sistem).

Database SettingsGambar 4

Pada site settings kolom site name = WordPress, pada kolom site description = Panduan, Tips dan Trik WordPress dan pada kolom enable multisite = tidak di centang.

Site SettingsGambar 5

Pada admin accounts kolom admin username = admin atau webmaster, pada kolom admin password = tentukan password teman-teman dan kolom admin email = tentukan alamat email teman-teman.

Admin AcountGambar 6

Pada choose language kolom select language = pilih bahasa Indonesia atau English.

LanguageGambar 7

Pada select plugins kolom limit login attempts = tidak di centang, karena teman-teman akan menambahkan plugin khusus dan perlu diketahui bahwa plugin ini sudah lama tidak di update, klik link “here” untuk infomasi lengkapnya.

PluginsGambar 8

Pada advanced options untuk semua kolom lebih baik tidak di centang, karena advanced options ini bisa teman-teman konfirmasi kembali pada tampilan backend WordPress.

Advanced OptionsGambar 9

Pada select theme, teman-teman bebas memilih theme WordPress, gunakan tombol refresh untuk melihat theme yang lain. Teman-teman juga bisa memilih theme yang lebih banyak lagi pada tampilan backend WordPress. Selanjutnya klik install.

ThemesGambar 10

Proses Install

Proses install biasanya lebih cepat dari estimasi waktu yang dijelaskan.

Proses InstallationGambar 11

Teman-teman akan melihat informasi yang menjelaskan bahwa proses install WordPress menggunakan Softaculous telah sukses.

Finished InstallationGambar 12

Notifikasi Email

Teman-teman akan mendapatkan notifikasi melalui email. Isi dari email bersifat rahasia karena menjelaskan tentang username beserta password dari database dan backend WordPress. Silahkan klik URL yang dijelaskan di email untuk melihat frontend dan backend dari WordPress.

Notifikasi EmailGambar 13

Halaman Frontend

Halaman frontend merupakan halaman utama dari website/blog teman-teman. Tampilan awal halaman frontend menggunakan default theme. Theme ini bisa dimodifikasi atau menggantinya dengan theme yang lain pada halaman backend.

WordPress FrontendGambar 14

Halaman Backend

Halaman backend merupakan halaman administrator WordPress. Pada halaman ini teman-teman dapat memodifikasi website/blog dan menambahkan Plugin, Post, Page, Theme, Image DLL.

WordPress BackendGambar 15

Bagaimana? Gampangkan, tidak diperlukan keahlian khusus, tinggal isi form dan klik, jadi deh. Demikianlah cara mudah install WordPress menggunakan Softaculous, kalau teman-teman mau mencoba install WordPress dengan cara manual, tutorialnya akan dibahas pada episode selanjutnya.

MAU bertanya dan berbagi pengalaman tentang artikel ini, AYO berikan komentarnya, tapi, baca dulu Term Of Service pada poin 3 dan 4 sebelum menuliskan komentar.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
wpDiscuz
Close
error: